Tanya : Apa makna dua ayat berikut :
وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ
“Dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya” [QS. Qaaf : 16].
وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنكُمْ
“Dan Kami lebih dekat dengannya daripada kamu” [QS. Al-Waqi’ah : 85].
Jawab : Makna kedekatan dalam dua
ayat di atas tidaklah bermakna bahwa Allah menyatu dengan hambanya (Al-Hulul/Wahdatul-Wujud).
Ini adalah aqidah bathil. Makna kedekatan dalam dua ayat tersebut adalah
kedekatan malaikat terhadap manusia. Perinciannya adalah sebagai berikut :
§ Pada ayat pertama (QS. Qaaf : 16), sifat “dekat” dibatasi
pengertiannya dengan penunjukkan ayat tersebut. Selengkapnya, ayat di atas
lengkapnya berbunyi :
وَلَقَدْ خَلَقْنَا
الإِنسَانَ وَنَعْلَمُ مَا تُوَسْوِسُ بِهِ نَفْسُهُ وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ
مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ* إِذْ يَتَلَقّى الْمُتَلَقّيَانِ عَنِ الْيَمِينِ وَعَنِ
الشّمَالِ قَعِيدٌ * مّا يَلْفِظُ مِن قَوْلٍ إِلاّ لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ
“Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui
apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat
lehernya; (yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, yang
satu duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu
ucapanpun yang diucapkan (seseorang) melainkan ada di dekatnya malaikat
pengawas yang selalu hadir” [QS. Qaaf :
16-18].
Firman Allah [إِذْ يَتَلَقّى
الْمُتَلَقّيَانِ]
: “(yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya” ;
adalah dalil yang menunjukkan bahwa yang dimaksud oleh ayat di atas adalah
dekatnya dua malaikat yang mencatat amal.
§ Pada ayat kedua (QS. Al-Waqi’ah : 85), kata “dekat” di situ
berkaitan dengan keadaan seseorang yang sakaratul-maut. Padahal yang hadir
dalam sakaratul-maut adalah para malaikat berdasarkan firman
Allah ta’ala :
حَتّىَ إِذَا جَآءَ
أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ تَوَفّتْهُ رُسُلُنَا وَهُمْ لاَ يُفَرّطُونَ
“Sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang di antara
kamu, malaikat-malaikat Kami akan mewafatkannya, dan malaikat-malaikat Kami itu
tidakakan melalikan kewajibannya” [QS. Al-An’am :
61].
Sehingga, ….
kedekatan yang dimaksud adalah kedekatan malaikat maut yang diutus Allah untuk
mencabut nyawa seorang hamba.
Adapun Allah adalah berada di atas langit dan bersemayam (istiwa’)
di atas ‘Arsy, sebagaimana firman-Nya :
أَمْ أَمِنتُمْ مّن فِي السّمَآءِ أَن يُرْسِلَ عَلَيْكُمْ حَاصِباً
فَسَتَعْلَمُونَ كَيْفَ نَذِيرِ
“Apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang di langit kalau
Dia hendak menjungkir-balikkan bumi beserta kamu sekalian, sehingga dengan
tiba-tiba bumi itu berguncang” [QS. Al-Mulk : 16].
الرّحْمَـَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَىَ
“Ar-Rahman (Allah) beristiwaa’ di atas ‘Arsy” [QS.
Thaha : 5].
Dalam Shahih Al-Bukhari di Bab Firman
Allah : Wa kaana ‘Arsyuhu ‘alal-Maa’, Anas bin
Malik radliyallaahu ‘anhu
menceritakan :
فكانت زينب تفخر على أزواج النبي صلى الله عليه وسلم تقول زوجكن
أهاليكن وزوجني الله تعالى من فوق سبع سماوات
Adalah Zainab membanggakan dirinya atas istri-istri Nabi shallallaahu
‘alaihi wasallam, ia berkata : “Yang menikahkan kamu (dengan Nabi) adalah
keluarga-keluargamu, sedangkan yang menikahkan aku adalah Allah ta’ala yang
berada di atas tujuh langit”.
Dalam riwayat lain : Zainab binti Jahsy berkata :
إن الله أنكحني في السماء
“Sesungguhnya Allah telah menikahkan aku (dengan Nabi) dari atas
langit” [HR. Bukhari 8/176].
Ibnu Mas’ud radliyallaahu ‘anhu berkata :
والعرش على الماء والله على العرش يعلم ما أنتم عليه
‘Arsy itu di atas air dan Allah di atas ‘Arsy. Ia mengetahui
apa-apa yang kamu kerjakan” [Dikeluarkan oleh Imam Thabrani dari Al-Mu’jamul-Kabiir nomor
8987, dengan sanad shahih].
Wallahu a’lam.http://abul-jauzaa.blogspot.com/2008/08/allah-lebih-dekat-daripada-urat-leher.html
Makna Ayat: “Kami Lebih Dekat dari Urat Lehernya”
Baca selengkapnya https://muslim.or.id/36103-makna-ayat-kami-lebih-dekat-dari-urat-lehernya.html
Baca selengkapnya https://muslim.or.id/36103-makna-ayat-kami-lebih-dekat-dari-urat-lehernya.html
MAKNA AYAT: “KAMI LEBIH DEKAT DARI URAT LEHERNYA”
Terdapat ketidaktepatan pemahaman sebagian kaum muslimin ketika memaknai
ayat yang berbunyi:
وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ
“Dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya” (Qaaf : 16).
Kesalahan tersebut mengartikan bahwa kata “kami” pada ayat tersebut adalah
Allah, sehingga mereka memahami bahwa posisi Allah itu ada di tubuh manusia dan
juga di dekat dengan tubuh manusia. Mereka menyangka bahwa posisi Allah di
dekat urat lehernya. Akibat dari kesalahan ini, mereka meyakini “Allah ada di
mana-mana” termasuk tubuh manusia, atau keyakinan bahwa Allah menyatu dengan
hambanya (aqidah manunggaling kaula gusti). Tentu ini aqidah yang tidak benar,
yang benar adalah Allah berada di atas langit.
Mengenai ayat di atas ada dua penjelasan yang menunjukkan bahwa kata “kami”
pada ayat tersebut bukan berarti Allah:
1. Tafsir ayat dari para ulama bahwa makna kata “kami” adalah malaikat, bukan
berarti Allah
2. Kata-kata “dekat” bukan berarti otomatis menunjukkan posisi dan letak.
Berikut penjelasannya:
1. Tafsir ayat dari para ulama bahwa makna kata “kami” adalah malaikat,
bukan berarti Allah
Jika kita membaca ayat secara lengkap dan lanjutan ayat, sangat jelas bahwa
konteks ayat adalah membicarakan tentang malaikat. Berikut ayat lengkapnya:
وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنسَانَ وَنَعْلَمُ مَا تُوَسْوِسُ بِهِ نَفْسُهُ ۖ
وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ إِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيَانِ
عَنِ الْيَمِينِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيدٌ مَّا يَلْفِظُ مِن قَوْلٍ إِلَّا
لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ
“Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang
dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya dari pada urat lehernya,
(yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di
sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu ucapan pun yang
diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir”
(QS. Qaaf: 16-18).
Perhatikan dua kata dalam ayat:
Pertama: Kata (إِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيَانِ)
Hal Ini menjelaskan tentang dua orang malaikat yang mencatat amal dan duduk di sebelah kanan dan sebelah kiri. Konteks ini menunjukkan bahwa malaikat yang dekat bukan Allah
Hal Ini menjelaskan tentang dua orang malaikat yang mencatat amal dan duduk di sebelah kanan dan sebelah kiri. Konteks ini menunjukkan bahwa malaikat yang dekat bukan Allah
Kedua: Kata (الْإِنسَانَ) yaitu manusia secara umum
Manusia ini mencakup muslim dan kafir. Allah tidak dekat dengan orang kafir
Manusia ini mencakup muslim dan kafir. Allah tidak dekat dengan orang kafir
Ibnul Qayyim menjelaskan bahwa pendapat ini yang dipilih oleh guru beliau
yaitu syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah. Beliau berkata,
ﻫﺬﻩ ﺍﻵﻳﺔ ﻓﻴﻬﺎ ﻗﻮﻻﻥ ﻟﻠﻨﺎﺱ، ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ : ﺃﻧﻪ ﻗﺮﺑﻪ ﺑﻌﻠﻤﻪ، ﻭﻟﻬﺬﺍ ﻗﺮﻧﻪ ﺑﻌﻠﻤﻪ ﺑﻮﺳﻮﺳﺔ
ﻧﻔﺲ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ، ﻭﺍﻟﻘﻮﻝ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ﺃﻧﻪ ﻗﺮﺑﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﺒﺪ ﺑﻤﻼﺋﻜﺘﻪ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﻳﺼﻠﻮﻥ ﺇﻟﻰ ﻗﻠﺒﻪ
ﻓﻴﻜﻮﻥ ﺃﻗﺮﺏ ﺇﻟﻴﻪ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﺍﻟﻌﺮﻕ، ﺍﺧﺘﺎﺭﻩ ﺷﻴﺨﻨﺎ
“Ayat ini terdapat dua pendapat:
Pertama: Allah dekat ilmunya, oleh karena itu Allah menggandengkan ilmu (mengetahui) dengan apa yang dibisiki hati manusia
Kedua: Yang dimaksud dekat adalah malaikat Allah yang bershalawat pada hatinya sehingga lebih dekat dari urat lehernya. Inilah pendapat yang dipilih oleh guru kami” (Madarijus Salikin 2/290).
Pertama: Allah dekat ilmunya, oleh karena itu Allah menggandengkan ilmu (mengetahui) dengan apa yang dibisiki hati manusia
Kedua: Yang dimaksud dekat adalah malaikat Allah yang bershalawat pada hatinya sehingga lebih dekat dari urat lehernya. Inilah pendapat yang dipilih oleh guru kami” (Madarijus Salikin 2/290).
2. Kata-kata “dekat” bukan berarti otomatis menunjukkan posisi dan letak.
Jika ada yang mengatakan Allah lebih dekat dengan urat leher berdasarkan
ayat ini, tentu tidak tepat, karena bukan berarti “dekat” itu menunjukkan
posisi Allah dekat, akan tetapi menunjukkan dekat maknawi yaitu “kedekatan”.
Al-Quthubi menjelas tafsir bahwa ayat tersebut menunjukkan dekat secara
penggambaran, bukan dekat secara jarak. Beliau berkata,
ﻭﻫﺬﺍ ﺗﻤﺜﻴﻞ ﻟﻠﻘﺮﺏ، ﺃﻱ ﻧﺤﻦ ﺃﻗﺮﺏ ﺇﻟﻴﻪ ﻣﻦ ﺣﺒﻞ ﻭﺭﻳﺪﻩ ﺍﻟﺬﻱ ﻫﻮ ﻣﻨﻪ ﻭﻟﻴﺲ ﻋﻠﻰ ﻭﺟﻪ
ﻗﺮﺏ ﺍﻟﻤﺴﺎﻓﺔ،
“Ini adalah penggambaran kedekatan, yaitu kami lebih dekat (kedekatannya)
dari pada urat leher, bukan dekatnya jarak” (Tafsir Al-Qurthubi).
Contohnya hadits yang menunjukkan kedekatan hamba dengan Allah ketika
sujud. Bukan berarti Allah dekat posisi dan letaknya ketika hamba sujud.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
وَالَّذِى تَدْعُونَهُ أَقْرَبُ إِلَى أَحَدِكُمْ مِنْ عُنُقِ رَاحِلَةِ
أَحَدِكُمْ
“Yang kalian seru adalah Rabb yang lebih dekat pada salah seorang di antara
kalian daripada urat leher unta tunggangan kalian” (HR. Muslim no 2704).
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا
الدُّعَاءَ
“Tempat yang paling dekat antara seorang hamba dengan Rabbnya adalah
ketika ia sujud, maka perbanyaklah do’a ketika itu” (HR. Muslim no. 482).
Demikian juga gambaran kedekatan Allah pada ayat yang berbunyi:
وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ
إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ
“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah),
“Aku itu dekat”. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia
memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka memenuhi (segala perintah-Ku) dan
hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”
(QS. Al Baqarah: 186).
Artikel: Muslim.or.id