Selasa, 05 Januari 2016

KONDISI SEORANG HAMBA DI ALAM KUBUR SEPERTI KONDISI HATI DALAM DADA

Al-Imam Ibnul Qayiim rahimahullah berkata:
حال العبد في القبر كحال القلب في الصدر، نعيماً وعذاباً، وسجناً وانطلاقاً.
فإذا أردت أن تعرف حالك في قبرك، فانظر إلى حال قلبك في صدرك، فإذا كان قلبك ممتلئاً بشاشة وسكينة وطهارة، فهذا حالك في قبرك -بإذن الله-، والعكس صحيح ؛ ولهذا تجد صاحب الطاعة وحسن الخلق والسماحة أكثر الناس طمأنينة فالإيمان يذهب الهموم، ويزيل الغموم ، وهو قرة عين الموحدين، وسلوة العابدين من أدام التسبيح انفرجت أساريره.
ومن أدام الحمد تتابعت عليه الخيرات
ومن أدام الاستغفار فتحت له المغاليق
"Kondisi seorang hamba di alam kubur seperti kondisi hati dalam dada, dari sisi kenikmatan, azab, terkekang atau bebas. Apabila engkau ingin tahu kondisimu di alam kubur, lihatlah pada kondisi hatimu yang ada di dadamu.

Apabila hatimu dipenuhi dengan cahaya (iman), ketenangan, dan kesucian, maka itulah kondisimu di alam kubur dengan izin Allah. Demikian pula sebaliknya...
Oleh karena itu, engkau melihat orang yang taat kepada Allah dan memiliki akhlak mulia merupakan orang yang paling lapang dada dan paling tenang diantara kebanyakan manusia.
Iman akan menghilangkan kegundahan dan melenyapkan kegelisahan. Iman adalah penyejuk mata orang-orang yang bertauhid dan jalan hidup para ahli ibadah,.
Barangsiapa yang senantiasa bertasbih, akan diberikan jalan keluar dari berbagai masalahnya. Barangsiapa yang senantiasa bertahmid, kebaikan demi kebaikan akan menghampirinya, dan barangsiapa yang senantiasa beristihgfar, pintu-pintu yang tertutup akan dibukakan untuknya" [Ad-Daa' wad Dawaa', 187-188]
Bagaimana kondisi hatimu kawan...?
sumber : http://abul-harits.blogspot.co.id/2015/12/penasaran-ingin-tahu-bagaimana.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar