Kamis, 25 Juni 2015

JIKA BELUM SHOLAT ISYA SUDAH DI TEGAKAN SHALAT TARAWIH

Asy Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin رحمه الله 
Pertanyaan: Kami bertiga masuk ke masjid dalam keadaan kami mendapati imam sudah selesai dari shalat Isya. Apa yang afdhal bagi kami bertiga untuk shalat Isya secara berjamaah? Ataukah kami menunggu shalat Tarawih dan ikut bergabung dengan imam, tetapi dengan niat shalat Isya kemudian shalat Isya kami sempurnakan ?


Jawaban:
Yang afdal bagi mereka (bertiga) adalah mereka menunaikan shalat Isya berjamaah terlebih dahulu -jika tempatnya sedikit jauh dan tidak mengganggu jamaah tarawih- baru setelah itu mereka bergabung bersama imam (untuk shalat Tarawih).
Adapun kalau dia hanya sendiri dan imam sudah melaksanakan tarawih dalam keadaan dia belum shalat Isya, maka dia bergabung dengan imam, tetapi dia berniat shalat Isya. Misalnya dia mendapati imam pada rakaat pertama shalat Tarawih, maka ketika imam telah salam, dia bangkit untuk menyempurnakan dua rakaat lagi (shalat Isya-nya). Atau kalau dia masuk pada rakaat kedua imam, maka setelah imam salam, dia menyempurnakan tiga rakaat lagi (shalat Isya-nya).
Sungguh Imam Ahmad rahimahullah telah telah menegaskan tentang bolehnya perkara ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar